Sunday, November 1, 2015

4 Pelajaran Berharga dari Petugas Kebersihan Hotel

Pernahkan kita memperhatikan tempat penginapan seperti hotel ?. Setiap pagi hari kamar-kamar dan lantainya selalu dibersihkan sehingga tetap rapi dan bersih setiap hari . Ini merupakan peran dari petugas kebersihan dan selalu bertugas membersihkan kamar dan lantai setiap paginya .Kalau kamar dan lantai tidak bersih ,maka tamu tidak akan kembali menginap ke hotel tersebut .Ini adalah merupakan bagian service kualitas terhadap para tamu yang menginap di hotel tersebut.
Petugas kebersihan hotel membersihkan kamar yang tidak sedikit jumlahnya ,namun tugas tersebut bisa dituntaskan dalam waktu cepat. Ada beberapa hal yang bisa kita contoh dari petugas kebersihan hotel yang bisa diterapkan di rumah ,agar rumah tetap bersih dan rapi setiap hari , antara lain :

Peralatan kebersihan lengkap dan tersedia

Petugas kebersihan hotel membawa peralatan kebersihan lengkap dalam satu kereta dorong.Hal ini bisa kita contoh agar waktu kita bisa cepat dan efektif . Tidak ada kejadian mencari-cari peralatan kebersiahn yang kita perlukan . Pekerjaan akan terasa cepat dan efektif . Pekerjaan skala rumah tangga namun kita menggunakan manajemen hotel .

Membersihkan Rumah Setiap Hari

Petugas kebersihan hotel mengerjakan tugas dan tanggungjawabnya setiap hari .Ketika pekerjaan membersihkan kamar mandi dan ruangan lain dilakukan setiap hari ,maka kotoran ,debu dan yang lainnya masih sedikit ,sehingga waktu dan tenaga yang diperlukan tidak terlalu banyak dibutuhkan .Sehingga pekerjaan akan menjadi lebih efektif.

Gunakan Peralatan yang Sesuai dengan Fungsinya

Sediakan keperluan kebersihan rumah dengan lengkap .Listing peralatan kebersihan yang dibutuhkan misalnya : sapu, kemoceng, serok, kain pel,bahan pembersih, ember . Segera lengkapin peralatan yang masih kurang dan segera diganti atau diperbaiki jika ada kerusakan atau habis dipakai .

Periksa dan Buang Barang-barang yang tidak dipakai

Barang-barang yang sudah tidak terpakai kalau tetap disimpan akan membuat ruangan terasa sesak dan tidak teratur dan kerap menjadikan kamar atau ruangan menjadi tidak rapi . Kecuali jika di rumah ada gudang khusus untuk menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai .Namun jika tidak memiliki gudang akan lebih efektif jika barang-barang tersebut dibuang saja .atau dikasih kepada pemulung . Dengan demikian pemicu debu dan kotoran dari barang-barang yang sudah tidak terpakai tersebut hilang. Setelah selesai dipergunakan simpan kembali ditempatnya .

No comments:

Post a Comment