Friday, November 27, 2015

Tip Mengatur Kamar Tidur Anak

Siapa yang tidak ingin kamar tidur anaknya terasa nyaman untuk ditempati?. Kamar tidur anak yang nyaman dan sehat sangat cocok untuk beraktifitas, misalnya: belajar, menghafal mata pelajaran,dan melepaskan lelah selepas beraktifitas. Tentunya sebelum masuk ke dalam kamar  kondisikan badan sudah benar-benar bersih. Jangan dibiarkan kamar tidak teratur , berantakan dan kotor. Kamar yang kotor bisa membuat tidak sehat dan bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan bagi penghuninya. Apalagi kalau sudah ada hewan-hewan yang ikut menghuni kamar tersebut seperti serangga, tikus dll. Bagaimana agar kamar bisa teratur, bersih dan nyaman ?.Berikut ada beberapa tip yang bisa dipraktekkan untuk menjaga agar kamar bisa teratur, bersih dan nyaman :

1.       Menaruh barang-barang pada tempatnya dan selalu merapikan barang dan peralatan yang selesai dipergunakan di dalam kamar. Jangan membiarkan barang-barang yang selesai digunakan berantakan, selalu kembalikan ke tempat semula saat barng pertama kali diambil.
2.       Menyediakan tempat khusus untuk barang-barang kecil berdasarkan jenisnya, contoh berdasarkan kategori alat tulis, kategori accesories, kategori buku dan peralatan sekolah, kategori perlengkapan olah raga, kategori baju dan pakaian bersih dan kotor.
3.       Meletakkan barang di tempat yang strategis agar mudah untuk dijangkau. Tidak semua barang dan peralatan digunakan setiap saat. Ada barang yang dipakainya setiap hari, ada yang setiap minggu, setiap bulan atau mungkin setahun sekali. Atur sedemikian rupa sehingga  barang dan peralatan yang sering dipakai diletakkan diposisi yang mudah untuk dijangkau tanpa menyingkirkan barang yang lain.
4.       Jangan menunda untuk membersihkan kamar jika terdapat sampah, kotoran, debu dan lainnya di dalam kamar. Segera ambil peralatan kebersihan dan go...bersih-bersih. Jangan menunggu sampah menumpuk dan berserakan di dalam kamar. Bersihkan bagian kotor yang terlihat dahulu, tidak perlu mengangkat atau  barang-barang dan furniture yang ada.
5.       Buat jadwal rutin bulanan untuk membersihkan kamar dan rumah. Jadwal rutin kali ini, Jika diperlukan harus menggeser atau mengangkat dan memindahkan furniture yang dibawahnya kelihatan kotor. Pilah barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi untuk dikeluarkan dari dalam kamar atau dari dalam rumah dan dipindahkan ke gudang atau dijual ke tukang rongsokan atau diberikan pada pemulung. Hal tersebut akan lebih bermanfaat dari pada sudah tidak dipakai dan hanya memenuhi gudang.
6.       Atur pencahayaan di dalam kamar dengan lampu yang terang dan warna cat di dalam kamar juga sangat penting karena warna cat yang gelap terkesan ruangan kamar menjadi kurang luas alias sempit. Pilihlah warna cat  yang bernuansa cerah dan teduh sesuaikan dengan warna kesukaan.
7.       Sirkulasi udara yang cukup sangat penting untuk menjaga udara di dalam kamar tetap segar. Pastika tersedia jendela dan ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara di dalam kamar.


Dengan meluangkan waktu untuk membaca tip-tip dalam mengatur kamar tidur anak di atas, semoga bisa menginspirasi pengunjung blog kami dan bisa mengambil manfaat dari artikel tersebut.

No comments:

Post a Comment