Sunday, October 23, 2016

3 Langkah Praktis Menghadapi Cucian yang Menggunung

Mencuci merupakan kegiatan sehari-hari yang biasa bunda kerjakan di rumah. Perasaan jenuh dan bosan barangkali pernah menghinggap di hati bunda saat melihat pakaian kotor yang banyak dan menggunung, seolah-olah cucian tidak pernah berakhir.

Penyebab cucian yang menggunung di rumah beraneka ragam, misalnya si kecil yang senang gonta-ganti pakaian karena kotor atau basah, kakaknya juga sama setiap kali pulang main pakaiannya kotor dan ganti lagi, ayahnya juga tidak jauh beda suka ganti pakaian karena merasa gerah, dan lain sebagainya. Situasi dan kondisi seperti ini berulang setiap harinya.

Situasi dan kondisi cucian yang menggunung seperti ini jika tidak segera diatasi akan bisa membuat suasana hati bunda menjadi kurang baik.
3 langkah berikut, bisa bunda praktekkan saat menghadapi cucian yang menggunung, yaitu :

1. Cuci semua pakaian yang kotor sekaligus

Hal ini dilakukan agar waktu yang digunakan untuk mencuci lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu dalam satu minggu perlu ditetapkan waktu/hari untuk mencuci. 

Mencuci bisa dilakukan di akhir pekan disesuaikan dengan waktu yang cocok bagi bunda, bisa di hari sabtu atau minggu. Waktu yang tidak mengganggu acara weekend keluarga. Bisa juga dilakukan di malam hari.Komitmenlah dengan waktu yang telah ditetapkan yaitu setiap pekan cucilah semua pakaian kotor sekaligus.

Pisahkan pakaian menurut jenis dan ukurannya misalkan pakaian ayah, bunda, kakak dan adik, yang intinya memisahkan pakaian yang besar dengan yang kecil. Urutkan pencuciannya dari yang ukuran besar ke yang kecil atau sebaliknya. Intinya adalah dalam satu proses pencucian ukurannya sama akan lebih baik sehingga nantinya akan mempermudah dalam merapikan.

Selain itu juga pisahkan antara pakaian warna yang luntur dengan yang warna putih. Untuk sprei, handuk, sarung, sajadah, korden dan sejenisnya juga dipisahkan pencuciannya dengan pakaian biasa.

2. Melipat dan merapikan pakaian yang telah kering

Di hari berikutnya kemudian melipat dan merapikan pakaian. Pakaian yang sekiranya akan digantung tidak perlu dilipat, cukup ditempatkan di atas tempat tidur atau ditempat yang rata. Sedangkan untuk pakaian yang harus dilipat, mulailah dari pakaian yang besar yaitu pakaian ayah dan bunda ,baru kemudian pakaian anak-anak. Pengaturan seperti ini lebih efektif serta bisa menghemat waktu dan tenaga.


3. Menata pakaian di tempatnya

Setelah pakaian dipisah-pisah maka selanjutnya bunda tinggal menata dan menempatkan pakaian ke tempatnya, misalnya di rak lemari baju atau di gantung dengan hanger.

Semua kegiatan dari mencuci, melipat dan merapikan serta menata pada tempatnya, jika direncanakan dan dikerjakan dengan baik dan teratur maka bisa mengurangi waktu dan tenaga bunda. 



No comments:

Post a Comment