Skip to main content

Cara Menyeduh Teh yang Benar, Agar Mendapatkan Manfaat yang Maksimal

Photo by Mareefe from Pexels
Minuman teh merupakan suguhan umum yang sering kita jumpai di masyarakat. Cita rasa yang khas dari teh bisa menciptakan suasana kekeluargaan yang menyenangkan. Keakraban akan mudah terjalin dengan minum teh bersama. Untuk membuat minuman teh terasa enak dan nikmat, ada tehnik dan cara yang penting diperhatikan.

Untuk pemilihan jenis teh, banyak merk teh yang ada dipasaran. Pilihan merk teh sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing keluarga.Adapun jenis teh, tergantung dari cara pengolahannya. Jenis yang paling dikenal adalah teh original ( teh hitam). Teh jenis ini mengandung kafein, asam amino, antioksidan dan fluoride. Banyak pilihan merk teh hitam yang ada dipasaran saat ini, misalnya teh sariwangi, teh hitam orthodox bless tea, Sariayu pelangsing Teaslim, Tong Dji Super, Teh hitam goalpara, Ou tea teh hitam, teh hitam walini BP1, Dilmah Pure Camomile Flowers, Lipton Yellow Label Tea, Teh hitam Kayu Aro, dan masih banyak merk yang lain.  

Untuk mendapatkan cita rasa teh yang berkualitas, sangat penting untuk mengetahui tehnik dan cara menyeduh teh yang baik dan benar, sehingga rasanya nikmat dan mendapatkan manfaat yang maksimal. Lakukan langkah-langkah berikut akan membantu bunda dalam menyajikan minuman teh :

  1. Siapkan cangkir yang terbuat dari bahan keramik. Jangan menggunakan wadah yang berbahan logam, karena aroma dan rasanya akan mempengaruhi air teh.
  2.  Untuk teh hitam yang berupa serbuk, masukkan sekitar satu sendok ke dalam cangkir. Jika teh dikemas dalam kantong sejenis teh celup, masukkan cukup satu bag kantong ke dalam cangkir.
  3. Lalu tuangkan kira-kira 200 – 220 ml air yang mendidih dengan gerakan memutar ke dalam cangkir, agar proses penyeduhannya merata. Untuk mengeluarkan sari kandungan dalam teh hitam dibutuhkan tinggi saat penyeduhannya.
  4. Diamkan seduhan teh sekitar 3 – 4 menit, sampai sari dalam teh keluar dan larut dengan sempurna. Untuk mendapatkan rasa yang optimal, sebaiknya jangan lebih dari 5 menit, karena cairan teh akan pekat dan terasa pahit.
  5. Untuk teh yang berupa serbuk, saring ampas teh dengan menggunakan saringan ukuran kecil, sehingga sisa ampas tidak tersisa.
  6. Aduk teh dengan perlahan dan nikmati teh saat masih hangat. 
  7. Untuk membuat lebih rilek dan menenangkan, sesekali hirup keharuman dari aroma teh yang disajikan aaahhh...
Untuk menambah kenikmatan minuman teh, bunda bisa juga menambahkannya dengan madu, dan perasan jeruk lemon. 

Selamat mencoba dengan tehnik dan cara menyeduh teh di atas Bunda ya...Silahkan share pengalaman bunda di kolom komentar di bawah tentang pengalamannya dalam menyajikan teh.

Comments